Tips Dalam Membeli Mesin Digital Printing Yang Harus Anda Ketahui

Tak bisa di pungkiri lagi, bahwa baju-baju distro saat ini sangat diminati oleh para konsumen, terutama di kalangan para muda dan mudi. Melihat akan hal itu, maka tak heran jika persaingan dalam bisnis printing kain digital semakin ketat. Nah, bagi anda yang berencana untuk memulai bisnis digital printing, berikut di bawah ini ada beberapa tips dalam membeli mesin digital printing :

  1. Pilih Mesin Digital Printing Yang Sesuai Dengan Kebutuhan

Untuk menentukan jenis mesin digital printing, anda harus menentukan terlebih dahulu target pasarnya, selain itu anda juga harus memastikan bahan apa yang akan digunakan nanti. Contohnya, apabila pada saat pencetakan banyak menggunakan bahan dari canvas, luster, aibatros, atau vinyl, maka sebaiknya anda menggunakan mesin digital printing indoor. Namun jika lebih banyak menggunakan kain bahan flexi untuk membuat banner dalam ukuran yang besar, maka akan lebih cocok menggunakan jenis mesin digital printing outdoor, hal tersebut dikarenakan ukuran area print yang lebih besar, dan biaya produksi yang lebih murah.

Printer outdoot ini memiliki area print dengan lebar mencapai 3.2 meter, sedangkan untuk printer indoor memiliki are print dengn lebar hanya 1,6 meter. Adapun harga untuk tinta Xuli printer indoor bisa mencapai Rp. 350 rb / liter, sedangkan untuk harga tinta Solvent printer outdoor 30 PL mencapai Rp. 650 rb / liter. Sedangkan jika lebih banyak memproduksi jersey atau print kain, maka sebaiknya menggunakan printer sublimasi karena dikhususkan untuk digunakan pada bahan kain, dan untuk mesinnya sendiri sama seperti printer indoor, cuman tintanya diganti dengan tinta sublime. Tentu saja hal ini sangat membantu anda dalam memulai jasa print kain.

  1. Service Center Dan Spareparts

Keberadaan service center dan spareparts merupakan hal yang sangat penting yang harus anda perhatikan, sebab 2 hal tersebut bisa mendukung keberlangsungan bisnis mesin digital printing anda berikutnya. Karena ada beberapa bagian mesin yang pada waktunya harus diganti seperti printhead, serta bagian-bagian yang lainnya.

  1. Perhitungan BEP

Ada baiknya sebelum anda memulai usaha digital printing, untuk mengkalkulasikan tingkat kembalinya modal, pelajari juga biaya yang dibutuhkan untuk membeli semua peralatan yang dibutuhkan dalam membeli semua peralatan yang digunakan dalam usaha ini, setelah itu hitung juga perkiraan untuk balik modal. Hal tersebut bisa anda lakukan dengan cara mengkalkulasikam antara modal pembelian peralatan (termasuk mesin), kemudian harga jual jasa print (termasuk bahan), lalu perkiraan pendapatan harian dan bulanan yang anda terima, setelah itu bandingkan antara modal dengan pendapatan. Anda bisa melakukan cara tersebut secara sendiri, atau bisa ditanyakan langsung kepada sales yang menjual mesin printing tersebut, atau bisa juga anda meminta untuk dibuatkan perhitungan BEP dan biaya produksinya.

Itulah beberapa tips dalam membeli mesin digital printing yang harus anda ketahui, dan selamat mencobanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *